5 Tingkatan Sertifikasi Halal Korea Selatan Dalam Buku Panduan Restoran Halal
Foto via www.blog.namisum.com

5 Tingkatan Sertifikasi Halal Korea Selatan Dalam Buku Panduan Restoran Halal

  • Selasa, 19 April 2016
  • M. Reza
  • Syar'i Food

Korea Selatan menyambut turis muslim dengan mempersiapkan 5 macam sertifikasi halal untuk para restoran di sana. Hal ini dikarenakan terus meningkatnya turis muslim yang berkunjung ke Korea Selatan tiap tahunnya.

Menurut Korea Tourism Organization (KTO), Korea Selatan dikunjungi sekitar 740.000 turis muslim pada tahun 2015 dan diperkirakan meningkat hingga 800.000 pengunjung. Sebagian besar dari mereka berasal dari Indonesia dan Malaysia dan sekitar 20.000 turis dari Turki.

Hal ini disikapi oleh KTO (7/4/2016) dengan memperkenalkan 5 sertifikasi halal yang akan dirangkum dalam sebuah buku Agustus nanti. Restoran-restoran tersebut akan disertifakasi menjadi salah satu dari lima tingkatan. Mulai dari yang sepenuhnya sesuai persyaratan Federasi Muslim Korea hingga yang paling rendah adalah restoran yang tidak memasukkan menu daging babi ke dalam restoran mereka.

Di Seoul sendiri sudah banyak berdiri restoran dengan menu-menu asal turki seperti kebab. Sedangkan untuk menu makanan korea sendiri juga sudah banyak ada di area Hongdae, dimana dapat ditemukan tteokpoki, dosiraks (paket nasi boks) hingga mie saus kedelai hitam atau jajangmyeun. Area turis seperti Itaewon juga tersedia restoran yang menyajikan beragam makanan korea halal. Semisal samgyetang (sop ginseng kaldu ayam), bulgogi, kimchi bokkeumbap (nasi goreng kimchi)  dan kimchi jeon.

Memang Seoul menjadi daerah penyumbang terbanyak nama-nama restoran yang akan dimasukkan ke dalam buku tersebut. 140 nama restoran yang berada di Seoul mendominasi isi buku yang akan menjadi panduan turis muslim ketika berkunjung ke Korea Selatan.