5 Tips Busana Untuk Hijab Traveller
Foto via www.aquila-style.com

5 Tips Busana Untuk Hijab Traveller

  • Kamis, 14 April 2016
  • Rauhanda
  • Syar'i Traveler

Akhir pekan memang menjadi momen yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat-sahabat. Khususnya buat kamu, para hijabers yang doyan travelling, haruslah tetap memperhatikan gaya berpakaian agar tetap syariat dan nyaman. Kebanyakan ketika sudah berada di luar, gaya berbusana lebih mengikuti trend zaman sekarang yang cenderung kelewat batas.

Sebagai wanita muslimah, tata cara berpakaian adalah hal penting yang wajib diperhatikan agar tidak menyalahi aturan yang ada. Karena Rasulullah sendiri telah memberi teladan dalam setiap aktivitas keseharian.

Berikut beberapa tips travelling yang akan membuat liburanmu semakin seru dan tetap sesuai tuntutan Islam. Mau lebih jelas detailnya? Simak yuk!

1. Berbusana Sesuai Tempat Tujuan
Jika kamu sedang bepergian, maka sebaiknya pilihlah busana yang sesuai dengan tempat yang akan kamu kunjungi. Jika kamu pergi ke gunung maka sebaiknya pilihlah busana yang berbahan tebal. Kamu bisa mengenakan jaket yang dipadu dengan shawl ataupun scarve. Kalau ingin terlihat lebih fashionable mungkin bisa memilih coat yang berwarna polos, asal tidak terlalu ketat dan tidak mencuri perhatian. Atau kamu bisa berbusana bergo. Selain simpel, busana ini juga hangat saat dikenakan.

Sedangkan jika kamu pergi ke tempat yang cuacanya panas, maka sebaiknya pilihlah pakaian yang berbahan adem sehingga tidak membuat kamu merasa gerah. Selain itu, gunakan bahan yang mudah menyerap keringat. Atau kamu cukup mengenakan baju lengan panjang atau mungkin kaos biasa yang dipadukan dengan kemeja kotak-kotak berukuran besar dan celana longgar.

2. Sesuaikan Kebutuhan
Saat bepergian tentu saja memiliki segudang agenda di tempat tersebut. Untuk menunjang segala aktivitas, kamu harus memilih busana yang sesuai kebutuhan. Bisa mengenakan rok atau celana. Jika kamu melakukan banyak aktifitas maka sebaiknya pilihlah celana untuk mempermudah. Atau kamu penyuka rok maka pakailah yang longgar-longgar, tetapi tetap nyaman. Untuk hijab yang kamu gunakan. Pilih bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik. Yang paling penting, jangan lupa pakai snikers tercinta dan tas backpack ternyaman.

3. Utamakan Kenyamanan
Travelling akan menyita banyak waktu untuk berada di jalan. Jadi pastikan semua yang kita gunakan adalah atribut yang benar-benar paling nyaman. Mulai dari atasan, bawahan, hijab, backpack, hingga sepatu. Dan yang lebih utama lagi harus tetap syariat.

Maksudnya, semisal yang kita gunakan adalah celana. Umumnya celana yang kita gunakan adalah celana berbahan denim yang press body sehingga membentuk lekuk tubuh. Hal ini supaya dihindari. Seyogyanya pilihlah celana berbahan nyaman, contohnya memakai Jogger Pants. Secara desain celana ini dibuat cukup longgar untuk segala aktifitas, jadi cocok untuk traveller.

Bingung mau beli di mana? Pernah dong belanja online? Saat ini banyak situs jual beli yang menyediakan berbagai macam jenis pants. Di samping nyaman dan stylish, juga dijamin tetap syariat. Karena mulai dari Gymwear sampai Zipper Pants pun ada.

4. Gunakan Hijab Instan
Ihwalnya wanita dan travelling biasanya menjadi dua hal yang bertolak belakang. Ditambah lagi wanita identik dengan keribetan dan banyak barang yang harus dibawa. Namun belakangan ini travelling bagi kaum hawa bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan pokok. Apalagi sejak banyak stasiun televisi yang menayangkan acara travelling dengan host perempuan-perempuan cantik. Secara tidak langsung hal ini dapat menggugah semangat dan adrenalin para wanita.

Untuk mendukung aktivitas kamu, khususnya bagi perempuan muslimah tentu saja memerlukan hijab instan yang nyaman dan praktis. Terutama saat melakukan perjalanan jauh. Tetapi jangan lupa tetap gunakan hijab instan yang syariat. Saat ini sudah banyak produsen hijab instan yang telah memvariasikan produknya agar tampil tetap modis. Jika kamu masih tidak percaya diri, boleh memakai model klasik yang cuman dilengkapi tali ke belakang kepala. Kini berbagai hijab instan diciptakan desainer untuk melengkapi kepentingan perempuan modern yang hobi bepergian.

5. Tetap Tampil Syariat
Dari semua hal di atas, inilah yang paling penting. Sebagai perempuan muslimah yang hobi travelling tetapi ingin tampil oke dan nyaman, tetap tidak boleh mengabaikan aturan dalam mengenakan busana. Sebab Rasulullah sendiri melarang kepada wanita menggunakan pakaian-pakaian ketat karena sama dengan telanjang. Sesuai firman Allah dalam Al Quran surat An-Nur ayat 31 yang artinya “Katakanlah Muhammad kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya. Janganlah mereka menampakkan perhiasan, kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya”.

Secara umum syarat pakaian yang sesuai syariat adalah longgar, tidak membentuk lekuk-lekuk tubuh, tidak tembus pandang/terawang, tidak menyerupai laki-laki, menutup seluruh anggota tubuh, dan tidak memakai minyak wangi yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan fitnah baginya.