Beberapa Aktivitas Keren Agar Dapat Balasan Dari Allah Saat Kita Keluar Rumah
Foto via www.bakked.com

Beberapa Aktivitas Keren Agar Dapat Balasan Dari Allah Saat Kita Keluar Rumah

  • Senin, 18 April 2016
  • Nurrifa Antin Tartila
  • Bukan Basa Basi

Hampir setiap orang memiliki banyak kegiatan yang padat di luar rumah. Terkadang karena begitu banyaknya kegiatan di luar rumah, kita berpikir bahwa waktu kita untuk mencari pahala itu sedikit. Mulai sekarang hilangkanlah pikiran itu. Kita juga bisa mendapatkan pahala ketika kita pergi keluar rumah. Benarkah? Lalu apa saja yang bisa kita lakukan agar mendapat pahala ketika pergi keluar rumah? Berikut beberapa kegiatan yang kita bisa lakukan atau tujuan kita untuk keluar rumah.

1. Mencari Ilmu

Dari Abi Umamah dia berkata Rasulullah SAW bersabda : “barang siapa di pagi hari pergi menuju  mesjid untuk belajar ilmu atau mengajarkan ilmu, maka dia mendapatkan pahala seperti orang yang umroh dan umrahnya itu sempurna. Dan barang siapa di sore hari pergi menuju mesjid untuk belajar ilmu atau mengajarkan ilmu, maka dia mendapatkan pahala seperti orang yang haji dan hajinya itu sempurna.” (HR. hakim)

Banyak hadis yang menjelaskan tentang pahala dan kefadholan orang mencari ilmu, ini hanya salah satu diantaranya. Dari kutipan hadis di atas sudah kita ketahui, ketika kita pergi keluar rumah dengan bertujuan mencari ilmu maka kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Terutama mencari ilmu akhirat (agama). Lalu apakah mencari ilmu dunia juga kita bisa mendapatkan pahala? Tentu bisa.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Sakir, Sahabat Ali RA berkata : “Barang siapa yang menghendaki dunia, maka hendaklah ia mencari ilmu dunia. Barang siapa yang menghendaki akhirat maka hendaklah ia mencari ilmu akhirat. Dan barang siapa yang menghendaki keduanya (sukses dunia dan akhirat) maka hendaklah ia mencari ilmu dunia dan ilmu akhirat.

Nah, dari hadis di atas dapat kita simpulkan, ketika mencari ilmu dunia kita juga bisa mendapatkan pahala. Walaupun hadis di atas tidak menyebutkan orang yang mencari ilmu dunia akan mendapatkan pahala, namun perlu kita ingat, bahwa semua perintah dari Allah SWT dan Rasulullah SAW yang kita kerjakan akan membuahkan pahala.

2. Dzikir

Selain mencari ilmu, ketika pergi keluar rumah kita juga bisa mendapatkan pahala yang berlimpah, caranya adalah memperbanyak dzikir kepada Allah. Alangkah baiknya setiap langkah kita itu diiringi dzikir kepada Allah dalam keadaan sesibuk apapun dengan kegiatan di luar rumah. Contohnya membaca istighfar. Ketika kita memperbanyak membaca istighfar, maka kita bisa mendapatkan pahala, bisa juga melebur dosa dosa kecil yang telah kita lakukan, memudahkan kita dalam segala urusan, memperluas rezeki, membuat hati kita lapang ketika mendapat cobaan, dan membuat hati kita tenang.

Firman Allah : “Ingatlah, dengan berdzikir kepada Allah akan menjadikan tenangnya hati.” (Surah Ar Ra’du ayat 28)

Rasulullah SAW bersabda : “beruntung bagi orang yang menjumpai banyak kalimat istighfar di dalam buku catatan amalnya.” (HR. Ibnu Majjah)

Menetapilah kamu membaca Al Qur’an dan dzikir kepada Allah yang maha luhur, maka sesungguhnya itu menjadi sebutan untukmu di langit dan menjadi cahaya di bumi.” (HR. Thabrani)

Ternyata, banyak sekali keutamaan orang yang selalu berdzikir. Kita akan disebut-sebut di langit, Menjadi orang yang sering disebut oleh Allah, Menjadi orang yang dibanggakan oleh Allah, Menjadi hamba Allah yang terkenal di kalangan para malaikat. Hebat bukan?

3. Silaturrahim

Sebenarnya banyak cara agar kita bisa mendapatkan pahala ketika pergi keluar rumah, tentunya selain mencari ilmu dan berdzikir seperti yang dijelaskan di atas. Bersilaturrahim, misalnya. Banyak keutamaan orang yang bersilaturrahim selain pahala yang akan diganti oleh Allah di surga nanti. Silaturrahim dapat mengundang rezeki yang banyak untuk kita.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturrahim, maka ajalnya akan diundur, hartanya akan diperbanyak, dan akan dicintai oleh keluarganya.”

Lalu, rezeki yang banyak akan sangat berarti kalau kita berumur panjang dan bisa menikmatinya. Alhamdulillah dengan silaturrahim, Allah akan memberikan kesempatan yang lebih banyak untuk kita menikmati rezeki yang Allah yang berikan. Ingatlah bahwa Allah adalah Sang Maha Pemberi Rezeki.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barangsiapa yang ingin rizqinya diperluas dan umurnya ditambah, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim.” (HR. Abi Daud)

Ternyata, bepergian keluar rumah agar mendapatkan pahala juga sangat ditentukan oleh tujuan yang kita inginkan.  Misalnya, kita keluar untuk beribadah ke tanah suci, bisa juga pergi ke tempat-tempat bersejarah bagi umat islam untuk mencari hikmah agar keyakinan dan keimanan kita menjadi kuat dan terus meningkat. Ingat! yang terpenting adalah, ketika kita pergi keluar rumah langkahkanlah kaki kita ke tempat yang diridhoi oleh Allah dan semua kegiatan  baik yang dilakukan di luar rumah tetap diniati karena Allah. insyaAllah kita akan selalu mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.