Beribadahlah Dengan Senyuman
Foto via www.travel.detik.com

Beribadahlah Dengan Senyuman

  • Sabtu, 09 April 2016
  • Fachrizal Wicaksono
  • Bukan Basa Basi

Betapa mulia dan utamanya tingkah laku dan akhlak dalam Islam, hubungan sesama manusia sangat diperhatikan. Sampai-sampai kita di sunahkan untuk memberikan senyuman ketika bertemu dengan sesama manusia karena senyum itu adalah ibadah.

Masya Allah, betapa mulianya sebuah senyuman. tersenyumlah kawan, mengucapkan salam dan menebar senyum kepada orang lain termasuk sedekah yang paling sederhana. Artinya, sedekah itu tidak mesti dengan uang, orang yang tidak punya uang dapat bersedekah dengan senyumannya. Sesuai dengan sabda Rasulullah S.A.W. :

(تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ (رواه الترمذى

Artinya : Senyum manismu dihadapan saudaramu adalah shodaqoh”. (HR. Tirmidzi) 

Diantara salah satu ajaran Nabi yang paling mudah dilakukan adalah senyum. Rasulullah S.A.W. adalah orang yang senantiasa menebar senyum. Sayangnya, kita yang hidup di zaman sekarang ini sering galau dan emosional ketika menghadapi masalah sesama manusia, padahal solusi yang diajarkan Rasulullah S.A.W. melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Dzarr al-Ghifari R.A. mengatakan :

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ المَعْرُوفِ شَيْئاً، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلِيقٍ (رواه مسلم)

Artinya : Jangan sekali-kali engkau meremehkan perbuatan baik sekecil apapun, meskipun perbuatan itu berupa engkau menemui saudaramu dengan wajah yang ceria (dengan senyum)”. (HR. Muslim)

Wajah ceria dan senyuman yang mengembang dari bibir ketika menemui saudara kita, sesungguhnya merupakan amalan yang amat mudah dilakukan. Orang muslim itu, diantara ciri dan karakteristiknya adalah apabila bertemu dengan saudaranya ia akan mengucapkan salam dan berjabat-tangan yang diiringi dengan tebaran senyum. Inilah cara bertegur sapa  dalam Islam dan inilah sejatinya akhlak orang islam.

Alhamdulillah dengan selalu bertingkah laku yang baik, kita dapat menampilkan contoh yang baik tentang islam di mata siapapun. Islam itu rahmatan lilalamin, membuat bahagia buat siapapun dan menyejukan semua orang didekatnya, sehingga menarik hati buat mereka yang ingin mengenal islam untuk mendalami islam yang ihsan ini.

Fachrizal Wicaksono

Fachrizal Wicaksono [Kontributor]

Seorang mahasiswa Universitas MH. Thamrim Fakultas Ekonomi semester 2. Pernah menjadi Ketua Broadcasting di SMA, menulis jalan cerita film. Saya seorang muslim. Pandangan saya tentang Agama Islam adalah agama kemanusiaan, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh umat islam saja, namun oleh seluruh umat manusia. Kedatangan islam telah membawa nikmat dan rahmat ke seluruh muka bumi dan tidak membedakan segala bangsa dan ras. Islam termasuk agama yang selalu membawa umatnya menuju perdamaian