Gadis Kecil Pramuka Muslim di Amerika Mengajarkan Tentang Islam
Foto via membantu Emily Turcos (6 tahun) saat Open Mosque Day oleh Islamic Institute of Orange County

Gadis Kecil Pramuka Muslim di Amerika Mengajarkan Tentang Islam

  • Senin, 23 Mei 2016
  • M. Reza
  • Cakrawala

Anaheim, AS – Haneefah Syed tegap berdiri di depan sekitar 150 orang dalam Open Mosque Day. Minggu (23/05/2016), ia berbicara tentang dua hal, menjadi seorang muslim dan pramuka.

“Saya senang membawa semangat saya dan mengajarkannya kepada orang lain. Banyak terdapat kesalahpahaman tentang Islam, jadi saya senang kita dapat membicarakannya,” ucap Haneefah seperti dilansir Ocregister.

Cerita gadis muslim berusia 11 tahun ini adalah salah satu kisah dalam acara bersama kepanduan putri dari berbagai agama yang digelar saat Open Mosque Day di Islamic Institute of Orange County. Hanifaah senang sekali membawa semangat dan memasukkannya pada setiap yang dilakukannya. Ia mengutarakannya dalam acara yang dihadiri lebih dari 100 pramuka dan orang tua mereka. Para peserta yang datang berasal  dari Southern California.

Dalam acara ini, para pramuka dapat belajar mengenai Islam dan kepanduan. Mereka, gugus depan 3357 dan 3119, rutin berkumpul di Akademi Minaret. Sebuah asrama tingkat dasar yang dibuat dan dijalankan dengan bantuan para orang tua dan pengurusnya.


Para gadis kecil membuat lingkaran

Sementara itu, Ameerah Hirji, 11 tahun, menikmati dirinya ketika mengajarkan teman lain tentang agamanya karena banyak kesalahpahaman yang ada di masyarakat. Ia membantu menjelaskan tentang kepanduan dan Alquran secara bersamaan mengenai kejujuran, keadilan, kebaikan dan tenggang rasa.

“Itu membuatku bukan merasa marah, tetapi tak mengerti bagaimana orang-orang dapat berpikir Islam adalah agama yang keras atau berbahaya. Padahal Islam adalah agama yang damai dan adil,” ujar Ameerah.

Kegiatan kepanduan ini mengundang para pramuka putri dari Los Angeles, San Diego dan San Berardino. Setelah presentasi tentang Islam selesai, para peserta yang baru belajar memakai hijab mengelilingi Islamic Institute dan belajar untuk salat. Mereka belajar bagaimana ruku’, duduk dalam salat hingga sujud.

Selanjutnya mereka membentuk lingkaran, berpegangan tangan bersilangan dengan teman di sebelahnya. Mereka mampu berbaris dengan rapi dan berbincang-bincang dengan sangat tenang.


Open Mosque Day in Islamic Institute of Orange County, Minggu 22 Mei 2016

Open Mosque Day berlangsung untuk yang kedua kalinya. Setelah pertama kalinya diadakan pada Februari lalu dalam rangka memperingati hari berpikir dunia. Sebuah hari yang didedikasikan untuk menghubungkan para pramuka tanpa melihat asal dan budayanya.

“Acara ini sangat populer,” ucap ketua pramuka, Aisha Cabrer. Banyak pramuka dan orang tua yang ingin mengikutinya, terbukti dalam daftar tunggu dari kegiatan di Februari itu. Akhirnya kegiatan ini kembali diadakan oleh Islamic Institute of Orange County.