Ini Lho, yang Bisa Bikin Ramadan Kamu ‘Pecah’
Foto via By Jorgeroyan via www.commons.wikimedia.org

Ini Lho, yang Bisa Bikin Ramadan Kamu ‘Pecah’

  • Senin, 06 Juni 2016
  • Intantya Putri
  • Pencerahan

Waktu yang berjalan memang benar-benar tidak terasa, ya. Sepertinya belum lama baru merayakan hari raya, sekarang Ramadan sudah tiba.

Bulan penuh ampunan ini tentu harus disambut dengan suka cita. Berbagai macam ibadah yang dilakukan saat Ramadan, semuanya bisa menjadi ladang pahala. Sudah siapkah kamu untuk menghadapinya?

Sambil berpuasa, GSDC punya beberapa tips yang kalau kamu sudah melakukan semuanya, Insya Allah kamu akan menikmati bulan penuh rahmat ini dan kamu benar-benar kembali fitrah. Berikut tips kami:

 

1. Komitmen Pada Diri Sendiri Untuk Jadi Lebih Baik Lagi

Ramadan yang hanya datang setahun sekali ini akan selalu ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di belahan dunia manapun. Curahan ampunan dan pahala yang diberikan Allah SWT tentu tidak mungkin kamu lewatkan begitu saja.

Banyaknya kefadholan atau keutamaan dari ibadah-ibadah yang kamu lakukan selama Ramadan, tentu akan membuat kamu semakin semangat dalam mengejar ridho Allah. Puasa, salat, tadarus Alquran, dzikir, belajar, belanja untuk berbuka hingga menyiapkannya bisa sangat bernilai ibadah dan bermakna.

Untuk itu, yang kamu lakukan selama Ramadan agar diresapi maknanya dan dijadikan sebagai turning point bagi diri kamu agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selama Ramadan, ada baiknya kamu setiap harinya selalu melakukan introspeksi diri atas kesalahan dan dosa yang pernah kamu perbuat.

Memohon ampunan dan taubat kemudian menata niat dan hati untuk berubah menjadi lebih baik lagi setiap hari adalah langkah yang tepat. Saat Ramadan, kamu akan fokus pada kebaikan dan meninggalkan kejelekan. Sehingga hati kamu akan menjadi tenang, bukan?

 

2. Menjaga Kondisi Kesehatan

Ini juga penting, lho! Selain menjaga diri dari pelanggaran, puasa juga akan menjaga badan kamu agar lebih sehat dan bugar. Puasa tidak akan merusak tubuh kamu. Caranya adalah tetap menjaga pola hidup yang baik.

Tidur yang cukup, makan tidak berlebihan, tetap rutin berolahraga sebelum berbuka dan banyak minum air putih baik saat sahur maupun setelah berbuka adalah langkah sederhananya. Jika badan sehat, puasa dan ibadah pun juga akan berjalan dengan lancar.

 

3. Zakat, Infak dan Sedekah

Setelah jasmani dan rohani, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan anggaran sedekah yang lebih dari biasanya untuk bulan Ramadan. Karena di bulan ini, Allah akan melipatgandakan pahala ibadah orang yang berpuasa.

Hal ini selain membuat sedekah kamu akan semakin berpangkat nilainya, kamu akan terlatih untuk menjadi dermawan di masa yang akan datang. Maka dari itu kamu harus semangat untuk memaksimalkan sedekah dan amalan lainnya di bulan puasa. Semangat, ya!

Jangan lupa juga, di penghujung Ramadan nanti akan ada zakat fitrah. Zakat itulah yang akan mengantarkan amalan kamu selama Ramadan kepada Allah SWT. Zakat Fitrah ini wajib diberikan oleh setiap muslim sebelum sholat Ied, jangan sesudahnya ya. Jika lewat dari waktu tersebut, maka zakat kamu hanya akan bernilai sedekah.

Semua itu akan membuat Ramadan kamu penuh dengan makna dan penuh ibadah. Salat kamu semakin rajin, tadarus juga bisa khatam, tarawih nggak pernah bolong, uang kamu pun larinya ke arah yang positif.  Ingat ya, bulan Ramadan itu penuh dengan rahmat, pengampunan dan tentu nantinya apa yang kamu lakukan dengan niat karena Allah itu, bisa membebaskan kamu dari api neraka. Semangat dan selalu sabar dalam berpuasa, ya!