Istighfar yuk
Foto via www.radioatoll.com

Istighfar yuk

  • Kamis, 28 April 2016
  • Budi
  • Tips Ibadah

Manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang lemah, lupa dan mudah berbuat salah, begitulah sesuai sabda Nabi dan kenyataanya pun begitu. Hikmah dari itu semua Allah ingin menunjukkan kepada seluruh hamba bahwa Allah itu maha Pengampun, Pemaaf, Penyayang kepada hamba-hambaNya yang mau bertaubat, bahkan seandainya hamba membawa dosa sepenuh bumi maka Allah akan datang dengan pengampunan sepenuh bumi, Masya Allah.

Jadi, kita sebagai hamba Allah harus yakin bahwa kita punya Tuhan yang akan mengampuni seluruh dosa-dosa, maka sudah menjadi kewajiban kita supaya selalu minta ampun kepada Allah dengan cara memperbanyak membaca kalimat Istighfar, Astaghfirullah.

Jika kita banyak membaca Istighfar, selain Allah akan mengampuni dosa-dosa kita, Allah akan memberikan fadhilah-fadhilah atau keutamaan lainnya yang banyak. Seperti yang diterangkan dalam hadis dalam musnad Ahmad :

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنِ أكْثَرَ مِنَ الاسْتِغْفَارِ، جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Artinya : Rasulullah bersabda: Barang siapa memperbanyak istighfar maka Allah menjadikan untuknya setiap kesusahan menjadi kemudahan, setiap kesempitan menjadi jalan keluar dan Allah memberi rezeqi dari mana dia tidak menyangkanya. (HR. Ahmad)

Bahkan kalimat istighfar sebagai penolak siksa dan akan menjadi pembuka anugerah dari Allah SWT. Allah berfirman dalam surat Al-Anfal ayat 33 :

وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُون

Artinya : Dan Allah tidak akan menyiksa mereka ketika meminta ampun kepadaNya. (Al-Anfal, 33) 

Jadi, dengan banyak membaca istighfar maka ada 4 keberuntungan yang akan didapatkan :

  • Istighfar dapat mencegah siksa menimpa kita
  • Istighfar dapat menghilangkan kesusahan kita
  • Istighfar dapat meluaskan rezeki kita
  • Istighfar dapat menghapus dosa-dosa kita

Bahkan di akhirat nanti dia akan menjadi orang yang beruntung, Nabi SAW. Bersabda :

طُوبَى لِمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيرًا * رواه ابن ماجة

Artinya : Beruntung orang yang menjumpai catatan amalannya tertulis istighfar yang banyak. (HR. Ibnu Majjah)

Sekarang, tinggal bagaimana kita meluangkan dan menggunakan waktu kita untuk memperbanyak istighfar. Mungkin kita perlu meninggalkan gadget kita sementara waktu, tak perlu memandanginya walau tidak ada pesan masuk. Kita tentunya punya waktu untuk membaca istighfar saat kita dalam perjalanan, saat menunggu kendaraan, berada dirumah dalam kesenggangan dan setiap waktu saat kita tidak ada kegiatan. Istighfar yuk.

Budi

Budi [Kontributor]

no profile