Konferensi Sekolah Islam Dunia, Pendidikan Islam Terbuka, Maju dan Ada di Seluruh Dunia
Foto via Pondok Pesantren Assalam, Solo

Konferensi Sekolah Islam Dunia, Pendidikan Islam Terbuka, Maju dan Ada di Seluruh Dunia

  • Kamis, 26 Mei 2016
  • M. Reza
  • News

Solo - Konferensi sekolah-sekolah Islam tingkat dunia atau Internasional Islamic School Alliance (Ittishal) Oktober nanti mengambil tempat di Pondok Pesantren Assalam di Solo. Konferensi ini memliki tujuan untuk mempersatukan sekolah-sekolah Islam.

Uripto Mahmud Yunus, Direktur Assalam, seperti dilansir Republika berharap dengan adanya Ittishal, akan banyak lahirnya ide-ide untuk kemajuan dunia pendidikan Islam di dunia.

“Ittishal ini untuk memajukan pendidikan Islam, sehingga menunjukkan pada dunia pendidikan Islam tidak tertutup, menduniakan pendidikan Islam, berbagai ide-ide untuk kemajuan global,” ucapnya Rabu (25/5)

Ittishal dibentuk pada 2 Oktober 2015. Para pendirinya adalah Le Grous Scolaire Prive Alif, Perancis, Ponpes Al Firdaus, Solo dan Ponpes Assalam yang juga dari Solo. Menurut Uripto, lembaga pendidikan yang akan hadir dan mengikuti konferensi diantaranya berasal dari Indonesia, Kanada, Perancis, Maroko, Malaysia, Afrika Selatan, Australia, Thailand dan Bangladesh.

Ittishal nantinya akan mengakomodir kerjasama antara lembaga pendidikan seperti pertukaran pelajar dan guru. Assalam sebagai tuan rumah siap mengawali dengan mengirimkan para pelajar yang dipilih untuk menimba ilmu dan pengalaman di Perancis. Ia juga mengajak kepada lembaga pendidikan Islam lainnya di Indoneisa untuk bergabung dengan Ittishal.

“Ini menjadi bagus karena pelajar kita akan belajar di negara lain, budayanya, juga bahasanya. Melalui Ittishal juga kami akan berbagi masalah-masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini, bagaimana cara pengajarannya,” pungkasnya.