Mengisi Waktu Luang yang Bermanfaat
Foto via

Mengisi Waktu Luang yang Bermanfaat

  • Senin, 19 Oktober 2015
  • Budi
  • Bukan Basa Basi

Kamu bosan karena PR kamu sudah selesai semua? Teman-teman kamu lagi pada sibuk semua? Atau kamu lagi galau dan nggak tahu mau gimana. Itu tandanya kamu lagi mati gaya.

Berikut ini beberapa ide untuk mengisi waktu luang kamu yang bermanfaat dan dijamin bikin kamu tambah keren dan mempesona.

1. Membaca dan Menuntut Ilmu

Cara mengisi waktu luang yang bernilai tinggi adalah membaca dan menuntut ilmu. Agama mengajarkan kepada kita untuk selalu menuntut ilmu. Ibadah menuntut ilmu memiliki kedudukan tinggi dalam agama. Bahkan termasuk pokok ibadah, sebab ibadah-ibadah lainnya bisa tidak berarti jika melakukannya tanpa ilmu. Ingatlah :

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ.......الأية

Dan kamu jangan mengerjakan amalan yang belum tahu ilmunya (QS Al-isro : 36)

العِلْمُ قَبْلَ القَوْلِ وَالعَمَلِ 

Ilmu itu sebelum berkata dan diamalkan (HR. Bukhori)

2. Berlatih 

Aktivitas lainnya yang bernilai tinggi adalah berlatih. Apa yang perlu dilatih? Silahkan lihat tujuan dan program kamu. Bidang apa yang harus kamu kuasai dengan baik. Kita harus menjadi juara, harus menjadi yang terbaik, sehingga jika ada hal yang masih kurang, kita harus melatihnya sampai mahir dan menjadi yang terbaik. Terlepas kita seorang pelajar atau bukan kita harus berlatih agar menjadi yang terbaik. Ingatlah pepatah dalam bahasa arab :.

مَنْ جَدَّ وَجَدَ

Orang yang bersungguh-sungguh, maka dia akan berhasil

3. Silaturahim 

يَقُولُ: «مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ * صحيح البخاري

Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahim

Ya, kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan bersilaturahim. Ini akan meluaskan rezeki dan dapat mempererat tali persaudaraan lho. Jadi, kamu bisa silaturahim ke rumah teman-teman kamu, saudara kamu atau bahkan silaturahim ke rumah guru kamu.

4. Bersama Keluarga Tercinta 

Keluarga adalah fondasi untuk keberhasilan dalam bidang apa pun. Untuk bisnis, untuk karir, dan untuk dakwah harus ditunjang dengan keluarga yang kuat dan harmonis. Maka, salah satu aktivitas penting yang tidak boleh dilewatkan adalah kebersamaan dengan keluarga.

الَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لِأَهْلِي

Sebaik-baiknya kalian adalah sebaik-baiknya kalian pada keluarga, dan aku adalah sebaik-baiknya terhadap keluarga (HR. Attirmidzi) 

Budi

Budi [Kontributor]

no profile