Pameran Foto Perjalanan Umat Islam Tiongkok di Jalur Sutra
Foto via Salah satu foto yang dipamerkan dalam The Photography Exhibition of the Chinese Muslims on Silk Road (www.people.com.cn)

Pameran Foto Perjalanan Umat Islam Tiongkok di Jalur Sutra

  • Kamis, 02 Juni 2016
  • M. Reza
  • Cakrawala

Islamabad, Turki - Muslim Tiongkok kali ini lebih terlihat keberadaannya. Bai Xueyi dan Bai Tao mengenalkan Islam di Tiongkok. Mereka mengadakan pameran foto Melalui pameran foto yang diadakan di Islamabad, Pakistan. Perjalanan panjang dilalui oleh duet ayah dan anak ini.

70 foto dipamerkan dalam pameran yang bertajuk “Chinese Musllims on the Silk Road.” 65 tahun hubungan diplomatik Tiongkok dan Pakistan digambarkan di sini. Perjalanan anggota Muslim Hui enyusuri jalur sutra selama 14 tahun diceritakan dalam pameran tersebut.

Keduanya mereka ulang jalur tersebut dan mendokumentasikan budaya, kehidupan, dan mata pencaharian muslim Tiongkok. Kehidupan sehari-hari dipotret dengan untuk menunjukkan keberadaan muslim sebagai minoritas.

“Ketika saya sedang bekerja di luar negeri, orang-orang muslim di sana hampir tidak tahu tentang muslim Tiongkok, apakah agama atau situasi mereka. Banyak bahkan meminta saya, ‘Apakah ada muslim di Tiongkok?’ Ini membuat saya menyadari bahwa saya harus mulai mengambil foto—foto ini untuk membiarkan dunia luar belajar tentang apa yang terjadi dengan umat Islam Tiongkok serta kebijakan pemerintahnya tentang agama, kata Bai Xueyi, dilansir dari CCTV, Ahad (29/5)

Tiongkok saat ini memiliki 30 juta umat Islam di negaranya. Bai Xueyi mengatakan, dia telah melihat cukup banyak perbaikan dalam kehidupan mereka.

"Setelah reformasi ekonomi dan keterbukaan, muslim Tiongkok mendapat kesempatan mereka. Karena mereka pandai berbisnis, Muslim dari kelompok minoritas Hui dan etnis minoritas lainnya telah mencapai nafkah jauh lebih baik," kata Bai Xueyi.