Pengampunan Dosa Setahun dengan Puasa Asyura
Foto via

Pengampunan Dosa Setahun dengan Puasa Asyura

  • Rabu, 21 Oktober 2015
  • Budi
  • Bukan Basa Basi

Dosa setahun akan dihapuskan kalau kamu puasa satu atau dua hari saja, betulkah itu? Ketika bulan Muharam tiba, ada ibadah yang menyenangkan untuk umat islam. Muharam sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah, terdapat banyak fadhilah-fadhilah atau keutamaan didalamnya. Salah satu fadhilah bulan muharram adalah puasa di 9 dan/atau 10 Muharam ( puasa Asyura). Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim

قَالَ : وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ؟ فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Dari Abi Qotadah berkata : Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Asyura? Beliau menjawab, “ Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim).

Adapun Penjelasan tentang puasa di tanggal 9 Muharram, disebutkan dalam riwayat berikut :

Ibnu Abbas R.A berkata ketika Nabi SAW berpuasa Asyura dan memerintahkan umat islam untuk berpuasa, ada orang yang berkata :

 يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى

Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasrani”. Lalu beliau bersabda :

فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ

Apabila datang tahun depan-InsyaAllah, Kita berpuasa pada tanggal 9 Asyura. Ibnu Abbas, berkata

فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ، حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

 Maka belum sampai tahun depan, Nabi SAW sudah meninggal dunia” (HR Muslim)

Nabi mencontohkan puasa Muharam di tanggal 10 Muharam, namun Nabi bercita-cita untuk bisa puasa Muharam di tanggal 9 Muharam. Sebelum dapat melaksanakan keinginan itu, Nabi Muhammad terlebih dahulu ditakdirkan Allah meninggalkan umat islam. Sehingga Nabi belum sempat melaksanakan ibadah sunah tersebut. Kemudian Ibnu Abbas memfatwakan dalam riwayat At-Tirmidzi berpuasa Asyura dua hari di tanggal 9 dan 10 muharram. Lalu, apakah cukup puasa satu hari saja atau dua hari?

Teman-teman, manusia itu tidak luput dari kesalahan.  Setiap hari ada saja kejadian yang membuat kita sebagai manusia memiliki kesalahan. Tetapi Allah selalu memberikan jalan keluar untuk membersihkan diri kita dari dosa-dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Nah, antara satu hari atau dua hari  berpuasa, sebagai ibadah sunah, tentu kita akan memilih yang paling besar manfaatnya untuk kita.

Niat kita untuk mendapat pengampunan setahun dalam hidup kita yang lalu dan untuk mewujudkan cita-cita Nabi yang ingin berbeda dari umat lain, tentu akan menambah pahala bagi kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, marilah kita berpuasa, baik satu hari di tanggal 9 atau 10 Muharram, atau kita berpuasa 2 hari yaitu tanggal 9 dan 10 Muharram yang bertepatan dengan hari Kamis dan Jumat tanggal 22 dan 23 Oktober 2015, agar dosa yang telah menempel kepada kita selama setahun akan Allah ampuni.

Budi

Budi [Kontributor]

no profile