Sang Pemimpin Salat Itu Telah Wafat
Foto via www.cakranews.com

Sang Pemimpin Salat Itu Telah Wafat

  • Kamis, 28 April 2016
  • M. Reza
  • News

KH Ali Mustafa Ya’qub telah meninggal dunia. Ia meninggal dunia hari ini, sekitar pukul 06.00 WIB di Rumah Sakit Hermina, Ciputat, Tangerang Selatan. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka, Pondok Pesantren Darusunah, Pisangan, Ciputat.

Ali Mustafa dikenal sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal hingga ia digantikan oleh Nasaruddin Umar Januari silam. Ia juga yang mendampingi Barack Obama dan Michelle Obama sekaligus memberikan penjelasan mengenai Masjid Istiqlal selama 25 menit kunjungan mereka pada November 2010 lalu.

Obama paham bahwa Masjid Istiqlal adalah simbol kebesaran Islam di Indonesia. "Masjid yang menjadi simbol yang memberikan peran kepada Islam, mengatur, membimbing rakyat Indonesia yang jumlahnya jutaan," tulis Obama di buku tamu masjid Istiqlal pada November 2010 silam.

Master Tafsir dan Hadis dari Universitas King Saud, Riyadh,  Arab Saudi ini selalu mengedepankan mengenai perdamaian dunia. Ia seringkali berbincang kepada para pemimpin negara yang berkunjung ke Masjid Istiqlal tentang perdamaian dunia. Seperti Perdana Menteri Erna Solberg yang berkata tentang bagaimana Masjid Istiqlal dan Katedral bisa hidup damai hanya berseberangan jalan.

"Saya bisa melihat Gereja Katedral di seberang jalan dari Masjid Istiqlal. Seluruh dunia bisa belajar dari Indonesia tentang indahnya toleransi antar umat beragama," terang Solberg pada April 2015 lalu seperti dilansir oleh detik.