Yakinkah Anda Sudah Bersyukur?
Foto via www.pressroom.ipc-undp.com

Yakinkah Anda Sudah Bersyukur?

  • Rabu, 20 April 2016
  • Intantya Putri
  • Pencerahan

Bersyukur, kalimat dan pengungkapan yang terdengar sederhana namun kenyataannya tidak semua orang bisa melakukannya. Sebagai manusia sangatlah erat dengan sifat yang tidak pernah puas, mengeluh akhirnya menjadi pelampiasan. Biasanya, saat keadaan yang dialami tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Berikut ini beberapa cara, makna dan manfaat dari bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang :

Aku tak selalu mendapatkan apa yang aku sukai, oleh karena itu aku selalu menyukai apa yang aku dapatkan.

Ya, cerminan kalimat tersebut memang sangatlah mendalam. Jika kita bisa meresapinya, kalimat tersebut menunjukkan wujud syukur yang sederhana, namun luar  biasa. Bersyukur adalah penentu dari kualitas hatimu, dalam menerima apapun yang diberikan oleh Allah SWT. Percayalah bahwa Allah selalu memberikanmu yang terbaik bagi-Nya, bukan bagi-Mu. Allah selalu memberikan yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Semua semata-mata karena Allah SWT-lah Yang Maha Mengetahui segala isi hati manusia, termasuk hati masing-masing dari kita.

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ (البقرة 216

Artinya : Allah berfirman, “Barangkali sesuatu yang kalian benci itu baik bagi kalian dan barangkali sesuatu yang kalian senangi itu jelek bagi kalian dan Allah mengetahui sedangkan kalian tidak mengetahuinya.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Dengan bersyukur, hati kita akan terasa damai tanpa rasa kufur.

 Bersyukur itu bikin kita bahagia, kok. Karena kita dapat menerima semua nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Dengan demikian, tidak ada lagi rasa mengeluh, yang justru akan menggambarkan dirimu sebagai manusia yang kufur nikmat. Yaitu, manusia yang tidak mensyukuri nikmat-nikmat kecil hingga besar yang seharusnya bisa kita barokahkan untuk kehidupan kita di dunia.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَا أَبَا هُرَيْرَةَ كُنْ وَرِعًا، تَكُنْ أَعْبَدَ النَّاسِ، وَكُنْ قَنِعًا، تَكُنْ أَشْكَرَ النَّاس.....الحديث. رواه ابن ماجة

Artinya : Dari Abi Huroiro, Rasulullah SAW bersabda: “Wahai Abi Hurairo, jadilah orang yang mutawari’ maka kamu jadi lebih beribadahnya manusia dan jadilah kamu orang yang qonaah (menerima), maka kamu jadi lebih bersyukurnya manusia....” (HR. Ibnu Majjah)

Bersyukur adalah memfokuskan hidup pada apa yang kita miliki sekarang, bukan apa yang kita inginkan ke depan.

Memiliki segudang target untuk karir, pendidikan, pekerjaan, harta, materi dan lain sebagainya adalah hal yang baik jika diniati karena Allah. Namun, dalam menggapai target-target tersebut, janganlah pernah lupa untuk tetap fokus pada apa yang kita miliki, bukan hanya untuk meraih semua yang kita inginkan.

Terlalu banyak orang yang lebih fokus pada keinginannya, sehingga mereka melupakan nikmat-nikmat yang dimilikinya saat ini dan menganggapnya begitu sepele. Ingatlah, masih banyak orang yang tidak seberuntung kita, dan mereka sangat ingin ada di posisi kita saat ini.

َالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللهِ * صحيح مسلم

Artinya : Rasulullah SAW bersabda: “Lihatlah pada orang yang lebih di bawah daripada kalian, jangan melihat orang yang di atas kalian, maka demikian itu tidak membuat kalian meremehkan pada nikmat.” (HR. Shohih Muslim)

Dan faktanya, dengan bersyukur tanpa jeda, Allah justru akan menambah nikmat yang luar biasa.

Dalam Alquran, Allah telah menjanjikan akan menambahkan rezeki dan nikmat bagi hamba-Nya yang bersyukur. Dengan meyakini ayat tersebut, bersyukur tentu akan mengubah hidupmu menjadi jauh lebih baik. Bersyukur akan mengarahkan pola pikir serta pola hidupmu menjadi lebih optimis dan positif.

Bersyukur akan membuatmu menjadi lebih kaya, baik secara fisik maupun psikis. Dengan bersyukur, hidupmu akan jauh lebih tenteram dan damai, sehingga hidupmu akan lebih tertata untuk terus menggapai ridho Allah dalam setiap rezeki yang kamu dapatkan.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ (إبراهيم 7)

Artinya : Allah berfirman: “Dan ketika Tuhan kalian memberi pemberitahuan, niscaya jika kalian bersyukur maka Aku (Allah) akan menambah nikmat pada kalian dan jika kalian kufur sesungguhnya siksaan-Ku berat.” (QS. Ibrahim: 7)

Bersyukurlah pada setiap waktu, karena disitulah kamu akan mengenal dirimu.

Entah hidup dengan segala kelebihan atau penuh dengan keterbatasan, tetaplah bersyukur. Bersyukurlah bila saat ini kamu masih memiliki kekurangan atau keterbatasan, karena hal rersebutl yang akan menjadikanmu merasa cukup. Bersyukurlah jika saat ini kamu masih belum paham atau tidak mengerti atas sesuatu, karena hal itulah yang membuatmu terus belajar.

Bersyukurlah pada setiap jalan berliku yang diberikan Allah untukmu, karena dari situ kamu akan lebih tangguh dan mengenal siapa kamu sebenarnya. Bersyukurlah atas kesalahan yang telah kamu sesali dan tobati, karena itu adalah hal yang sangat berharga. Bersyukurlah atas kesehatanmu saat ini, karena jutaan orang di luar sana memenuhi rumah sakit karena tak merasa sehat. Bersyukurlah dengan hidupmu sekarang, karena masih banyak orang yang tidak seberuntung dab sebersyukur kamu.